iPhone X sudah meluncur sejak beberapa bulan lalu. Bulan ini resmi beredar di Indonesia. iPhone X langsung jadi primadona dari deretan produk Apple.

Lakunya iPhone X ternyata nggak cuma membawa keuntungan untuk Apple bro. Tapi musuh bebuyutannya, Samsung juga kecipratan untung dari penjualan smartphone tersebut.

Dikabarkan Digital Trends, sesuai laporan dari The Investor keuntungan Samsung bisa menembus Rp 298 triliun. Tentu saja ini dari penjualan layar OLED milik Samsung yang dipakai di iPhone X.

iPhone X Laku, Samsung Untung dari Apple, Kok Bisa?

Sekitar 180 sampai 200 juta panel OLED sudah dijual perusahaan Korea Selatan itu ke Apple sepanjang produksi iPhone X. Sementara di tahun 2017 saja sudah sekitar 50 juta panel yang dijual.

Keuntungan lain adalah kenaikan yield rates dari pabrik Samsung. Yaitu jumlah produk tidak cacat dibandingkan seluruh jumlah produksi. Kalau biasanya Samsung punya yield rates 60% sejak iPhone X meningkat jadi 80% bahkan sampai hampir 90%.

Ada kabar pada produksi selanjutnya Apple akan mengucapkan selamat tinggal untuk OLED Samsung. Sempat terdengar rumor bahwa Apple akan menggaet LG untuk panel OLED-nya nanti.