Setelah memberikan kesempatan ke beberapa user untuk mencobanya, akhirnya Instagram resmi meluncurkan fitur baru di Instagram Direct yaitu video call. Kini loe bisa melakukan panggilan video bersama dengan beberapa teman langsung dari aplikasi berbagi foto dan video tersebut.

Peluncuran ini dilakukan pada 27 Juni. Kini fitur video call di Instagram Direct sudah bisa dinikmati oleh semua pengguna iOS dan juga Android. Hanya tinggal update aplikasi loe ke versi terbaru dan loe sudah bisa mencobanya lewat tab DM (direct message) di Instagram.

Pembaharuan ini juga akan mengubah warna icon Direct yang ada di pojok kanan atas tampilan Instagram. Biasanya akan ada indikator notifikasi berwarna merah di situ ketika loe menerima pesan (default warna abu-abu). Namun kini kalau ada pesan masuk icon-nya akan berubah berwarna biru. Sepertinya mengikuti aplikasi Direct yang akan dibuat terpisah nanti.

Untuk melakukan panggilan video, loe hanya tinggal membuka icon pesawat kertas tersebut. Setelah itu, pilih satu atau maksimal tiga orang untuk melakukan panggilan video. Setelah itu, tap icon kamera yang ada di pojok atas. Done!

Loe juga tetap bisa scrolling di Instagram sepanjang melakukan video call. Karena fitur video call ini bisa di-minimize. Jadi tidak perlu mengakhiri panggilan kalau hanya sekedar ingin melanjutkan "kepo" di Instagram.

Video call bisa ditolak secara otomatis kalau loe tidak mau menerima panggilan dari orang-orang tertentu. Di avatar teman yang bertukar pesan dengan loe di Direct, loe bisa mute mereka sehingga tidak akan ada panggilan video yang masuk ke loe dari teman tersebut.

Belum lama ini Instagram juga meluncurkan IGTV, platform baru untuk para kreator sehingga mereka bisa mengunggah video dengan durasi yang lebih panjang. Instagram juga memperbaiki tampilan Explore-nya dengan mengkurasi konten berdasarkan topik tertentu.