Pernah nonton film 'The Circle'? Film yang diperankan oleh Emma Watson dan Tom Hanks ini bercerita tentang media sosial bernama Circle yang menggunakan karakter yang diperankan Emma Watson sebagai ambassador-nya dan mengharuskan dia mengaktifkan kamera ke manapun dia pergi kecuali toilet. Kebayang hidup seperti ini?

Walaupun sepertinya memang sangat nggak mungkin, tapi di Kickstarter, ada produk bernama OrCam MyMe yang kurang lebih menawarkan hal yang sama. Kamera ini berbentuk kecil sebesar ibu jari, dipasang di bagian depan baju loe, dan nantinya dia akan memotret setiap detik ketika loe bertemu dengan seseorang.

Kamera ini dilengkapi dengan AR dan punya kemampuan face recognition. Makanya dia hanya akan memotret ketika loe berhadapan dengan orang. Gunanya sebenarnya untuk mengukur sebanyak apa interaksi loe dengan manusia selama seminggu. Sehingga loe bisa tahu, apakah selama ini loe hanya sibuk di depan layar saja atau berinteraksi dengan banyak orang.

Kamera Ini Dibuat untuk Tracking Kehidupan Sosial Loe

Kamera wide-angle MyMe terhubung dengan aplikasi di ponsel yang akan memberikan berbagai macam notifikasi dan informasi. Seperti berapa lama loe bertemu dengan seseorang. Sampai siapa saja yang loe temui selama seharian lewat database foto yang dipotret oleh kameranya.

Nama-nama mereka juga akan muncul di layar ponsel loe nanti sesuai dengan face recognition yang mengambil data dari Facebook atau media sosial lainnya misalnya.

Proyek ini dimulai di Kickstarter dengan harga pembuka untuk para funder adalah USD 199. Tapi nantinya ketika resmi dirilis, harganya akan naik jadi USD 399.