Teknoup.com --- Setelah dirilis dua tahun yang lalu di Amerika Serikat, Google Glass akhirnya juga masuk Inggris pada pekan lalu. Google Glass versi Explorers dijual di Inggris dengan harga GBP 1000. Kehadiran kacamata pintar ini ternyata juga mengundang perhatian terkait privasi yang mungkin dilanggar akibat penggunaan kacamata tersebut tidak pada tempatnya atau tanpa ijin.

Salah satu tempat yang merasa perlu untuk mengawasi penggunaan kacamata Google Glass tersebut adalah bioskop yang berada di Inggris. Menurut pihak bioskop, para kriminal dapat menggunakan kacamata tersebut untuk melakukan perekaman ilegal di dalam bioskop yang kemudian dapat didistribusikan salinannya secara ilegal. Disebutkan juga bahwa saat ini lebih dari 90% sumber film ilegal berasal dari cara perekaman di bioskop.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, para pengunjung bioskop akan diminta untuk tidak memakai kacamata tersebut ke dalam ruang bioskop, baik ketika film sedang diputar maupun tidak diputar. Salah seorang pemakai Google Glass di Leicester dikabarkan telah diminta untuk melepas headsetnya ketika sedang di bioskop meskipun staf bioskop tidak bisa memastikan apakah orang tersebut sedang melakukan tindakan perekaman ilegal atau tidak.

Baterai Google Glass sendiri sebenarnya hanya mampu bertahan selama 45 menit jika digunakan untuk merekam secara terus menerus. Meski begitu kelompok kriminal bisa saja menggabungkan video yang direkamnya sehingga diperoleh video secara utuh yang bisa didistribusikan atau dijual.

Para staf bioskop juga telah diberi petunjuk untuk menemukan para pembajak. Mereka biasanya berada di deretan tengah dan terisolasi dengan membawa beberapa teman yang duduk di sekitarnya. Beberapa pembajak bahkan dikabarkan membawa anak-anak untuk menutupi maksud pembajakannya.

Pihak Google sendiri telah mengeluarkan petunjuk etiket penggunaan kacamata pintarnya. Salah satunya adalah mematikan Google Glass di tempat dimana ponsel juga dilarang dinyalakan. Seorang perwakilan Google juga mengatakan bahwa pihaknya merekomendasikan kepada pengelola bioskop yang khawatir akan terjadi pembajakan untuk meminta pengunjung agar mematikan peralatannya seperti halnya ponsel sebelum film dimulai. Bahkan sebenarnya kacamata tersebut juga akan bersinar ketika melakukan perekaman sehingga perekam akan terlihat jelas jika kegiatan tersebut dilakukan secara rahasia.

Google diprediksi akan mampu menjual satu juta unit Google Glass sampai akhir tahun 2014 ini. Namun begitu sampai saat ini rumor menyebutkan bahwa penjualannya masih seret. Pihak Google sendiri belum memberikan angka pasti dan para analis mengatakan bahwa Google masih menganggap Google Glass masih dalam tahap pengembangan.