Geliat para perusahaan teknologi untuk menciptakan VR headset semakin kencang di 2018. Wacana Facebook merilis VR headset standalone pun dikejar duluan oleh Lenovo yang siap menjual produk serupa dengan nama Mirage Solo.

VR headset standalone ini berbeda dengan VR headset yang sebelumnya beredar dari produsen smartphone. Standalone berarti mereka tidak membutuhkan smartphone ketika digunakan seperti halnya Oculus Go.

Mirage Solo milik Lenovo ini sangat canggih karena jeroannya pun jagoan. Prosesornya Snapdragon 835 dengan RAM 4GB dan internal memory 64GB. Memori internalnya masih bisa diperluas dengan microSD hingga 256GB.
Lenovo Siap Jual VR Headset Standalone Bernama Mirage Solo

Dari segi baterai, VR headset yang menggunakan teknologi Google Daydream ini dibekali 4.000mAh. Lalu bagaimana dengan LCD yang ada di dalam headsetnya?

Mirage Solo punya layar sebesar 5,5 inch dengan resolusi 2.560 x 1.440 px dan refresh rate 75 hz. Yang membuatnya unggul adalah beratnya yang nggak sampai 1 kilogram melainkan hanya 0,64 kg saja.

Mirage Solo rencananya akan dikapalkan mulai 11 Mei mendatang. Harga pre-order gadget ini sekitar Rp 5,5 juta di situs B&H.