Samsung dan iPhone sebelumnya memperkenalkan AR emoji lewat device S9/S9+ dan iPhone X. Dengan memotret wajah sendiri, pengguna bisa membuat emoji bergerak untuk dikirim di aplikasi chat. Google tidak mau ketinggalan. Raksasa search engine itu mengkopi konsep avatar personal di aplikasi Allo menjadi emoji di keyboard mereka.

Memang tidak semua perangkat Android terpasang secara default Gboard, aplikasi keyboard besutan Google. Aplikasi ini bisa loe download di PlayStore dan menikmati fitur barunya yaitu membuat stiker dari foto selfie, sebagai perpanjangan dari avatar personal di Allo. Stiker di Gboard ini tampil serupa bitmoji. Meski harus menunggu beberapa waktu dulu.

Lucu Nih! Kustom Stiker dari Selfie Lewat Keyboard Google

Google menamakan stiker kustom dari pengguna di Gboard ini sebagai "Mini". Mereka menggunakan teknik machine leraning dan neural network untuk membuat stiker dari foto selfie pengguna sehingga akurat dan mirip dengan wajah pengguna.

Berbagai aktivitas bisa dibuat sendiri mulai dari makan, karaoke, berpesta, dan lainnya. Pilihan "Mini" ada di update terbaru Gboard dan bisa langsung digunakan di aplikasi chatting via Gboard.

Karena menggunakan machine learning dan teknologi neural network, stiker yang dibuat dari Gboard akan lebih apik. Kita bisa membuat detail warna mata, rambut, potongan rambut, bentuk wajah, kumis dan janggut dengan lebih pressii dan lebih mirip dengan wajah asli kita.

Saat ini Google baru merilis update Gboard ini secara terbatas. Tidak hanya buat Android tapi juga iOS. Perilisan massal akan dilakukan dalam waktu dekat.