MacBook Pro terbaru dari Apple sudah dirilis pekan lalu. Spesifikasinya pun terbilang juara dan unggul dari versi yang sebelumnya. Jadi wajar rasanya kalau Apple membanderol MacBook Pro ini di harga yang mahal yakni kisaran USD 1.799 atau sekitar Rp 25,9 juta.

 

MacBook ini punya spesifikasi prosesor Intel Core i7, RAM 16GB dan SSD 512GB. Nah dengan SSD yang ada di dalamnya inilah yang membuat pemrosesan file jadi lebih cepat. Setelah dilakukan benchmark seperti dikutip Laptop Mag, SSD dari MacBook Pro ini terbukti ngebut.

 

Solid State Disk yang dites adalah pada versi MacBook Pro 13 inci. Ketika mengkopi file berukuran 4,9 gigabit, kecepatannya menembus 2.500 megabit per detik. Hanya butuh waktu dua detik saja untuk menyelesaikan kopi file sebesar 4,9 gigabit tersebut. Kebayang nggak bro?

 

Pengujian sempat dilakukan berulang kali untuk memastikan kecepatan tersebut. Sebelum akhirnya Laptop Mag memberi label MacBook Pro terbaru ini sebagai laptop dengan proses kopi tercepat jika dibandingkan dengan laptop yang ada di kelasnya. Malah punya gap yang sangat jauh.

 

Kalau dibandingkan dengan Dell XPS 13 yang menggunakan prosesor yang sama misalnya, ada gap sebesar 1,200 megabit dalam urusan kecepatan kopi antara keduanya. Untuk saat ini belum ada yang bisa menandingi kecepatan MacBook Pro.

 

MacBook Pro terbaru keluaran Apple ini punya dua ukuran yaitu 13 inci dan 15 inci. Fitur terbarunya adalah Touch Bar. Sementara untuk pilihan prosesor selain Core i7 tersedia juga Core i5 dan Core i9 generasi kedelapan.