Di Indonesia saat ini banyak banget aplikasi penyedia layanan streaming film dan musik. Yang populer misalnya Spotify atau JOOX, dan HOOQ atau Netflix. Ingin bersaing dengan mereka yang sudah populer, Xiaomi kini menyediakan layanan streaming sendiri.

Sayangnya ini masih tersedia secara lokal di India saja. Xiaomi meluncurkan Mi Music yang layanannya mirip Spotify dan Mi Video yang layanannya mirip Netflix.

Lewat Mi Music, Xiaomi bekerja sama dengan perusahaan menyedia layanan streaming di India bernama Hungama. Lewat aplikasi ini tidak perlu lagi menyimpan lagu di memori internal ponsel. Biaya langganannya pun terbilang murah karena hanya Rp 190 ribuan saja per tahun.

Sementara Mi Video bisa digunakan untuk menonton film online. Tidak seperti Mi Music, layanan ini tidak perlu berlangganan. Kemungkinan karena kebanyakan film yang ditayangkan dalam layanannya adalah film lokal di sana. Meski memang ada juga konten yang berbayar.

Mi Music dan Mi Video saat ini sedang dikembangkan oleh Xiaomi. Aplikasinya pun masih dalam versi Beta. Rencananya versi finalnya nanti akan diluncurkan tengah bulan ini.

Belum ada jaminan sih apakah layanan ini nantinya akan bisa dinikmati oleh fans Xiaomi di Indonesia. Kalau memang akan masuk, berarti Xiaomi harus bersaing dengan sederet aplikasi penyedia layanan serupa.