Teknoup.com --- Satu tahun sudah semenjak Lumia 1020 resmi diperkenalkan Nokia ke dunia. Perangkat ini adalah perangkat kedua yang membawa nama PureView setelah 808, dengan resolusi kamera 41MP yang berjalan di sistem operasi Windows Phone. Hari ini akun pembocor @evleaks mengklaim bahwa Lumia 1020 akan diakhiri masa hidupnya tanggal 14 September mendatang.

Apa artinya? Arti dari akhir masa hidup adalah Nokia tidak lagi menempatkan Lumia 1020 di jajaran perangkat yang dijual secara ritel, dimana tidak akan dilakukan produksi lagi, dan penjualan yang terjadi hanya sebatas penghabisan stok. Meskipun Nokia kini berada di bawah naungan Microsoft Devices, tapi untuk masalah purna jual akan masih didukung dan dilayani.

Hingga saat ini kualitas kamera Lumia 1020 masih dianggap nomor satu, meskipun spesifikasi lain seperti prosesor dual-core, dan resolusi layar 720p yang dimilikinya sudah ketinggalan untuk ukuran ponsel flagship. Masih belum diketahui perangkat apa selanjutnya untuk menggantikan posisi spesial yang di duduki Lumia 1020.