Tahun 2019, jaringan 5G akan mulai digelar. Untuk itu, pabrikan ponsel sudah harus menyiapkan device yang kompatibel dengan jaringan ini. Motorola sendiri sudah punya smartphone yang mendukung jaringan 5G: Moto Z3 yang diumumkan pekan ini.

Ini adalah varian terbaru dari keluarga besar Moto Z keluaran Motorola. Nantinya, jaringan 5G Moto Z3 akan tersambung lewat operator seluler Verizon di Amerika Serikat. Dengan smartphone ini, masyarakat bisa merasakan jaringan internet dengan kecepatan yang lebih.

5G punya bandwidth yang ada di kisaran 5Gbps bahkan lebih. Verizon sendiri kini tengah menggodok jaringan ini di beberapa kota di Amerika Serikat. Hanya saja belum diumumkan kapan resminya di tahun 2019 jaringan ini akan on.

Moto Z3 nantinya akan disertai dengan Moto Mods yang akan menyusul dirilis. Ini merupakan aksesori modular buat Moto Z yang terpasang dengan magnet dan konektor khusus di punggung perangkat.

Smartphone Moto Z3 dibanderol Rp 7 jutaan dan akan mulai dijual 16 Agustus mendatang. Spek smartphone ini antara lain: Snapdragon 835, RAM 4GB, ROM 64GB (bisa diperluas dengan micro SD hingga 2TB), baterai 3000 mAh.

Untuk kamera, sudah ada dual camera di belakang dengan resolusi 12MP. Sementara kamera depannya 8MP. Sistem operasi yang bergerak di ponsel ini adalah Android Oreo 8.1, layarnya AMOLED berukuran 6 inch dengan resolusi 2160 x 1080 px dan aspect ratio 18:9. Lapisan kacanya Gorilla Glass 3.