Nokia 8.1 akhirnya resmi diumumkan kehadirannya oleh HMD Global. Sebelumnya di negara-negara Eropa, smartphone ini dikenal dengan nama Nokia 7.1 Plus (X7). Nah, kapan kira-kira akan masuk ke Indonesia?

Tunggu dulu bro. Memang smartphone ini sudah bisa dipesan di beberapa negara. Tapi kemunculannya di Indonesia nampaknya butuh waktu. Mengingat belum ada pengumuman apa-apa dari perwakilan HMD Global di Indonesia. Nggak ada salahnya mengintip spesifikasi dari ponsel ini dulu.

Nokia 8.1 hadir dengan bezel yang tipis dan PureDisplay berpanel IPS LCD berukuran 6,18 inci. Resolusi yang ditawarkan 1080 x 2246 piksel dan terdapat poni di bagian atas. Di poni tersebut tersemat kamera 20MP dengan berlensa bukaan f/2.0.

Kamera di bagian belakang juga nggak kalah mumpuni. Tersedia dua kamera dengan resolusi 12MP dan 13MP, berturut-turut sebagai kamera utama dan kamera bokeh. Dukungan Carl Zeiss, OIS, dan fitur PDAF juga sudah ditanamkan dalam kamera ini.

Dari segi mesinnya, Nokia 8.1 menggunakan chipset dari Qualcomm yaitu Snapdragon 710. Dipadu dengan RAM 4GB dan ROM 64GB. Sistem operasi Android 9.0 Pie sudah bisa digunakan dengan tampilan antarmuka Android One.

Setidaknya Nokia menjanjikan update sistem operasi selama dua tahun ke depan untuk Nokia 8.1. Sementara pembaruan keamanan dijanjikan selama 3 tahun. Lalu berapa banderolnya?

Nokia 8.1 dibanderol 400 euro atau sekitar Rp 6,6 juta. Ponsel ini sudah bisa dipesan untuk kawasan luar Eropa yaitu Timur Tengah di 15 Desember nanti. Nokia 8.1 tersedia dalam empat varian warna yakni Blue, Silver/Steel, Copper, dan Iron/Steel.