Kipas pendingin sering kita temui di laptop yang didesain khusus untuk gaming. Berguna untuk mempertahankan suhu adem di laptop agar tidak terjadi overheat yang menyebabkan kerusakan.

Kalau di smartphone biasanya menggunakan heatpipe atau lempeng heatsink yang lebih lebar. Tapi Nubia Red Magic 3 mengambil jalur tidak biasa dengan menambahkan kipas pendingin di smartphone-nya. How?

Nubia Red Magic 3 mungkin bisa disebut ponsel gaming dengan kipas pendingin internal pertama. Diperkenalkan dalam sebuah event di Tiongkok belum lama ini, kipas dalam ponsel ini punya fungsi yang sama. Yaitu mengalirkan udara panas keluar.

Meski kecil, kipas ini bisa berputar sampai 14 ribu rpm bro. Nubia mengklaim kalau kipas ponsel ini tidak akan berisik dan nggak akan menguras baterai. Pengaturannya pun akan dibuat lebih mudah lewat aplikasi.

Nubia Red Magic 3 juga diberi pendingin pasif liquid cooling yang mirip smartphone gaming lain. Sementara untuk speknya, smartphone ini dibekali layar 6,55 inci FullHD+ AMOLED, kamera belakang 48MP, kamera depan 16MP, chip Snapdragon 855 dengan RAM/ROM 6GB/64GB; 8GB/128GB; dan 12GB/256GB.

Baterainya 5.000 mAh dengan dukungan Quick Charge 4.0 dan dua tombol shoulder untuk main game. Nubia Red Magic 3 sudah didukung Android 9.0 Pie. Ponsel ini dibanderol mulai Rp 6,1 jutaan hingga Rp 9 jutaan dan akan mulai dijual 3 Mei nanti.