Teknoup.com --- Setelah menjual unit bisnis mobile ke Microsoft, Nokia sekarang berpaling ke bidang usaha lain. Salah satu yang sedang dijajaki adalah sektor mobil pintar melalui rencana investasi 100 juta dolar ke perusahaan yang menyiapkan teknologi komunikasi dan komputasi di kendaraan.

Pernyataan ini disampaikan belum lama ini oleh Paul Asel, Managing Partner di Nokia Growth Partners, perusahaan investasi Nokia. Menurut Paul Asel, mobil telah menjadi platform seperti halnya sebuah smartphone dengan aplikasi dan layanan yang ada di dalamnya.

Untuk menunjang investasi ini Nokia sudah memiliki beberapa modal awal. Divisi Navteq milik Nokia telah menyuplai data pemetaan dan navigasi untuk kendaraan. Sementara itu melalui Hera, Nokia juga menyediakan layanan pemetaan untuk smartphone dan tablet, yang saat ini sedang dikembangkan untuk masuk ke iOS dan Android.

Rajeev Suri, CEO baru Nokia, menyatakan bahwa NGP telah secara konsisten memberi kontribusi positif bagi Nokia baik dalam hal inovasi dan finansial. Investasi terbaru ini merupakan bukti kepercayaan Nokia bahwa mobil pintar akan memiliki kesempatan berkembang sehingga NGP merasa perlu untuk melakukan investasi.