Teknoup.com --- Siapa bilang ponsel jadul tidak memiliki keunggulan dibandingkan smartphone yang sekarang menjamur? Meskipun hanya memiliki fitur terbatas, sebuah ponsel jadul dari Nokia dilaporkan belum lama ini telah mampu menyelamatkan seorang petualang di China yang hilang selama berhari-hari berkat ketahanan baterai dan operasionalnya.

Seorang petualang bernama Liu Quanming yang berusia 70 tahun, sedang melakukan hiking pada tanggal 20 Juni lalu dan kemudian tersesat. Saat tersesat itu Liu Quanming juga sempat terjatuh ke dalam jurang.

Beruntung, ponsel Nokia yang dibawanya meskipun terlepas saat Liu Quanming jatuh, masih tetap menyala. Selama lima hari, ponsel Nokia yang tidak disebutkan modelnya tersebut masih berfungsi dan menyala dengan baik dan akhirnya membantu para penolong melakukan proses triangulasi untuk menentukan posisi korban. Suara dering ponsel Nokia juga memberi petunjuk lokasi korban saat terjatuh.

Tak berapa lama, Liu akhirnya ditemukan dan dibawa ke rumah sakit. Korban dilaporkan hanya menderita cedera ringan dalam kecelakaan tersebut.