Nostalgia Nih Bro, Perkembangan Stik PS Di Setiap Generasi

LAZONE.ID - Controller yang nemenin hari-hari lo main game di setiap generasi

PlayStation, konsol game paling populer di Asia dan saingan Xbox di dunia ini pasti pernah ngisi hari-hari lo. Seiring berkembangnya teknologi terutama di dunia gaming, PlayStation juga terus berkembang melakukan inovasi teknologi dan mengeluarkan generasi terbaru mereka.

Sekarang lo tinggal nunggu waktu untuk perilisan generasi selanjutnya, PlayStation 5. Sony udah berkali-kali mengeluarkan ‘teaser’ tentang konsol generasi terbaru mereka ini ke publik. Dalam teaser terbaru, Sony merilis desain controller alias stik PS5 ke publik. Desainnya banyak banget berubah dari generasi-generasi sebelumnya.

Makanya buat nostalgia, kuy balik lagi lihat perkembangan controller PS dari masa ke masa.

PS1 - D Pad

Generasi pertama PlayStation dirilis di Amerika Utara pada akhir tahun 1995, masa di mana banyak gamer terbiasa dengan SNES dan Sega Genesis. Sony memperkenalkan shoulder button atau yang lo kenal dengan L1, L2 dan R1, R2 dalam stik ini untuk menegaskan identitas game 3D yang mulai agresif dibawa oleh PS1. Lalu pada tahun 1997, mereka memperkenalkan stik dengan analog pertama untuk meningkatkan kualitas kontrol pada game 3D yang semakin baik di PS1. Kontrol gerakan menggunakan analog jelas lebih efisien ketimbang hanya menggunakan tombol arah yang kaku.

PS2 - Dualshock, desain yang awet

Dengan perkembangan kualitas grafis 3D dan mekanisme bermain di PS2, tentu Sony harus mengembangkan controller mereka. Stik PS2 sebenarnya hampir identik dengan dualshock yang pertama kali diterapkan di PS1. Bedanya, tombol analog di PS2 ini terasa lebih ringan dan lebih mulus ketika digerakkan. Begitu juga desainnya yang berwarna hitam terus bertahan hingga beberapa generasi.

PS3 - Mulai banyak fungsi tambahan

Perubahan besar mulai terasa di PS3. Kini, gamer mulai terbebas dari kabel karena Sony memutuskan untuk membuat controller di generasi ini jadi wireless. Tombol PlayStation yang ada di bagian tengah juga memungkinkan user menyalakan PS secara wireless. Selain itu, shoulder button pada bagian R2 dan L2 punya lekukan yang lebih dalam. Ini meningkatkan kontrol di berbagai game seperti game balap yang kontrol akselerasi ekstra, dan juga pada sebagian game action, mekanisme action seperti menembak dan bertarung jadi lebih mulus dengan format baru ini. Ukurannya juga sedikit lebih besar dan lebih berat.

PS4 - Sentuhan perubahan paling baik sejauh ini

Sejauh ini, stik PS4 masih dianggap sebagai yang terbaik yang pernah dibuat oleh Sony. Soalnya, banyak banget perubahan yang menguntungkan para pengguna di generasi keempat ini. Dengan ukuran yang lebih lebar dan bagian belakang yang menggunakan material baru, genggaman di stik PS4 jadi lebih mantap buat para gamer. Tombol R2 dan L2 yang lebih dalam pun sekarang punya lekukan ke arah atas supaya jari gak mudah tergelincir ketika menekan tombol tersebut secara cepat.

Salah satu perubahan yang langsung terlihat adalah hilangnya tombol Start dan Select, digantikan oleh tombol Options dan Share. Kedua tombol tersebut masih berfungsi mirip dengan generasi sebelumnya. Namun ukurannya yang diperkecil memberikan ruang untuk sebuah touchpad yang juga bisa diklik, memberikan beberapa tombol ekstra kepada pengguna.

PS5 - Perubahan drastis dari masa lalu

Well, banyak banget yang diubah dalam controller PS5 ini. Bahkan Sony juga mengubah identitas Dualshock yang bertahan selama 4 generasi jadi DualSense. Secara desain, lo bisa melihat bentuk yang punya kesan lebih menyatu satu sama lain. Warna khas dari tombol kotak, lingkaran, segitiga, dan X juga dihilangkan dan diganti dengan warna yang selaras dengan body.

Sony juga lagi-lagi bikin perubahan untuk tombol L2 dan R2. Kedua tombol ini jadi adaptive trigger dimana player bakal merasakan intensitas berbeda yang menyesuaikan keadaan dalam game. Menurut Sony ini bakal meningkatkan pengalaman bermain para pengguna PS 5 nantinya.

Dari generasi PS berapa nih Bro lo mulai sering main game?