Teknoup.com --- OwnFone, perusahaan pembuat ponsel kustom yang berasal dari London, baru-baru ini telah membuat ponsel dengan huruf Braille yang ditujukan untuk para tunanetra. Ponsel ini diklaim sebagai ponsel Braille pertama yang dipasarkan di dunia dan ditujukan untuk menghubungkan para tunanetra dengan teman dan keluarga.

Pembuatan panel depan dan belakang ponsel Braille ini dilakukan menggunakan printer 3 dimensi. Desainnya juga bisa dikustomisasi termasuk dengan adanya teks yang timbul di keypad sehingga bisa dipakai juga untuk mereka yang tidak tuna netra.

Penggunaan printer 3 dimensi ternyata dapat mengurangi biaya produksi ponsel ini. Ownfone saat ini baru menyediakan ponsel ini di wilayah Inggris dengan harga jual GBP 60 (sekitar 1,1 juta rupiah).

Ownfone sebelum ini telah dikenal sebagai pembuat ponsel simpel yang ditujukan untuk anak-anak maupun para lansia. Ponsel simpel tersebut akan mengurangi kerumitan yang sekarang banyak terdapat di berbagai ponsel sehingga dapat dioperasikan dengan mudah oleh mereka yang membutuhkan.