Andy Rubin, pria pencipta Android ini mengumumkan secara resmi sebuah ponsel baru buatannya. Si Bapak Android nggak mau kalah dari Google nih bro.

Ponsel ini dikasih nama Essential. Dengan desain yang premium, Essential punya bezel yang sangat tipis dengan layar 5,71 inch beresolusi 2560 x 1312 pixel. Tampilannya sekilas mirip iPhone.

Essential dirilis dalam tiga warna yang berbeda. Di antaranya Black Moon, Stellar Grey dan Pure White. Nah, apa sih yang bikin Essential lebih menonjol dari smartphone Android yang ada di pasaran?



Selain dibuat langsung dari sang pencipta Android, Essential meng-highlight posisi kamera depan yang ada di bagian tengah atas layar. Kamera itu punya resolusi 8MP dan posisinya sebelah-sebelahan dengan berbagai informasi seperti sisa baterai, sinyal dan jam.

Andy Rubin juga menyelipkan spesifikasi yang terbilang mumpuni untuk Essential. Seperti chipset Qualcomm Snapdragon 835, RAM 4GB dan internal storage sebesar 128GB.



Kamera belakangnya (ada dua!) 13MP dengan baterai sebesar 3040mAh untuk mendukung segala kinerjanya. Nah, selain itu ponsel dengan aspek rasio layar 19:10 ini juga memiliki berbagai aksesori tambahan.

Seperti kamera 360 akan disiapkan. Juga fitur wireless charging . Amerika Serikat saja yang baru bisa memesan ponsel ini. Dua versinya yaitu Black Moon dan Pure White dibanderol USD 699 atau sekitar Rp 9,3 juta.

Belum tahu kapan Essential akan masuk ke pasar Indonesia.