Semakin ke sini WhatsApp semakin memperbaharui layanannya. Sehingga banyak ponsel yang akhirnya nggak kompatibel. Beberapa yang baru diumumkan ini akan tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp.

Per tanggal 31 Desember 2017, anak perusahaan Facebook itu akan menghentikan dukungannya untuk dua smartphone dengan sistem operasi Blackberry. Yakni semua smartphone dengan OS Blackberry dan Blackberry 10. Selain itu dukungan untuk Windows Phone 8.0 juga akan dihentikan.

Sebenarnya rencana ini akan dilakukan akhir tahun lalu. Hanya saja setelah mempertimbangkan, keputusan untuk memperpanjang hari akhirnya sampai Desember 2017 ini.

Selanjutnya akan ada beberapa OS lagi yang akan disetop oleh WhatsApp. Satu tahun dari 31 Desember 2017, Nokia S40 tidak akan lagi bisa menggunakan aplikasi bertukar pesan ini di device-nya.

Sementara mereka yang menggunakan Android jadul yaitu 2.3.7 ke bawah juga akan tidak bisa lagi mengakses WhatsApp dengan fitur terbaru pada 1 Februari 2020. Banyak fitur yang tidak akan aktif kalau digunakan di device-device tersebut di atas. Makanya dukungannya pun dihentikan.

WhatsApp sendiri sudah memastikan bahwa dukungan terhadap smartphone tersebut fix tidak akan diperpanjang. Jadi ganti smartphone loe kalau misalnya masih pakai tipe-tipe di atas.