Teknoup.com --- Daya tahan baterai yang rendah adalah salah satu kelemahan gadget saat ini, baik smartphone, tablet dan sebagainya. Demikian juga dengan perangkat yang dapat dikenakan (wearable device) seperti jam tangan pintar. Tentu tidak menyenangkan jika Anda harus mengisi daya jam tangan Anda tiap hari bukan? Namun teknologi baru ini bisa meminimalisir hal tidak menyenangkan itu.

Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) mengembangkan sebuah teknik untuk mentransformasi panas tubuh Anda menjadi listrik, menggunakan generator daya termoelektris yang sangat tipis (500 μm), yang dicetak dalam sebuah kain transparan. Tidak hanya tipis, namun juga ringan, fleksibel, bisa dibengkokan dan memiliki struktur berkelanjutan tanpa ada substrat atas atau bawah. KAIST mengklaim generator ini memiliki kepadatan keluaran energi hingga sepuluh kali lebih besar dari generator sejenis.

Saat ini, generator termoelektris cenderung berat dan besar, tentu tidak cocok untuk perangkat wearable yang mementingkan desain kompak, namun penemuan KAIST ini memungkinkan penggunaan generator yang sangat kecil. KAIST mengklaim teknologi mereka bisa digunakan juga di kendaraan bermotor, pabrik, pesawat terbang,kapal laut dan lain-lain yang bisa menggunakan energi panas yang sebelumnya terbuang percuma.

thermoelectric-generator-smartwatch