Produk Gagal Sony-Nintendo Laku Rp 5,1 M

LAZONE.ID - Purwarupa yang tak pernah dirilis.

Sony dan Nintendo sempat akan berkolaborasi di tahun 1991 lalu. Mereka nyaris merilis konsol game yang mengawinkan Super NES dan PlayStation 1. Produk ini gagal dirilis namun purwarupanya ditemukan dan laku mahal dilelang.

Dikutip dari CNN, belum lama ini prototipe dari kolaborasi gagal Sony dan Nintendo ini laku USD 360 ribu. Angka ini setara dengan Rp 5,1 miliar. Founder dari Toys.com, Greg McLemore yang berhasil memilikinya.

Konsol kolaborasi gagal ini tahun 1991 lalu diproduksi sebanyak 200 unit. Namun 199 unitnya dipercaya telah dihancurkan setelah perjanjian kerja sama Sony dan Nintendo gagal mencapai kesepakatan. Lalu Sony merilis PlayStation 1 di tahun 1994.



Sementara itu seperti dikutip dari Polygon, prototipe langka ini ditemukan oleh Terry Diebold. Benda ini ada di dalam sebuah kotak yang sebelumnya dimiliki oleh mantan CEO Sony Computer Entertainment, Olaf Olafsson.

Keduanya pernah bekerja sama di sebuah perusahaan yang kemudian bangkrut. Lalu barang-barang milik Olaf dibawa pulang oleh Diebold setelah dilelang secara tertutup.

McLemore, pemilik konsol ini sekarang, menyebut benda ini sebagai yang termahal yang pernah dibelinya selain rumah. Namun benda ini disebut layak dihargai sebanyak itu karena memang dia adalah seorang kolektor.