Sinyal 4G tidak hanya diaplikasikan untuk smartphone saja. Italia membuat radio dengan koneksi 4G yang diklaim menjadi radio 4G pertama di dunia. Apa kemampuannya?

Radio yang didesain vintage ini dibuat hybrid. Yakni bisa menangkap siaran radio lewat sinyal analog namun juga bisa digunakan untuk streaming radio dengan menggunakan koneksi 4G yang supercepat.

Radionovelli memperkenalkan radio tersebut dalam acara Global Press Conference IFA Berlin 2018 di Roma, Italia. Selain mendengarkan siaran radio konvensional dan internet, pesawat radio ini juga memiliki kemampuan lain.

Lewat layar 7 inci yang ada di bagian muka radionya, loe bisa terhubung ke internet dan berbelanja online lewat iklan yang muncul dari layanan streaming yang loe gunakan. Selain itu layar ini juga bisa digunakan untuk navigasi ke situs-situs penyedia layanan hiburan.

Radio Hybrid dari Italia Ini Bisa Sekalian Streaming dan Belanja

Sebut saja YouTube, Apple Music, bahkan Spotify. Loe yang mau terkoneksi dengan orang lain juga bisa membuka aplikasi Skype lewat layar ini. Sehingga fungsinya tidak hanya mendengarkan lagu-lagu yang di-set dalam playlist sang DJ radio, tapi juga playlist sendiri.

Radionovelli membuat perangkat ini bisa diperintah dengan suara juga bro. Radio ini mulai dipasarkan pada 7 Mei mendatang di website www.radionovelli.it juga di Amazon. Kalau loe berminat punya, sediakan budget 1000 euro atau sekitar Rp 17 jutaan.