Voice note memang salah satu cara paling mudah untuk bertukar pesan di aplikasi chat. Fitur ini menawarkan pengiriman pesan tanpa mengetik melainkan merekam suara di aplikasi tersebut. Di WhatsApp, bertukar sebelumnya harus menekan dan tahan satu tombol ketika merekam. Kini tidak lagi.

WhatsApp meresmikan versi terbaru dari voice note di aplikasinya untuk memudahkan user. Kini merekam pesan suara di WhatsApp bisa dilakukan secara hands-free. Memang butuh waktu lama untuk WhatsApp meluncurkan fitur ini karena LINE sudah melakukannya sejak lama.

Tombol mikrofon di jendela ruangan chat hanya perlu ketuk sekali lalu di-swipe ke atas untuk mengaktifkan hands-free ini. Fungsi rekaman akan aktif dan akan terkunci selama proses perekaman.

Jika ada pesan masuk saat proses perekaman, loe tetap bisa scrolling dan membacanya. Tapi tentu tidak bisa membalas karena keyboard akan terkunci untuk perekaman voice note. Meski demikian loe jadi bisa membaca mana pesan yang harus dijawab.

Voice note yang sudah direkam bisa langsung dikirim, bisa juga dibatalkan. Untuk membatalkan hanya tinggal swipe ke kiri dan pesan tersebut akan dihapus.

WhatsApp sudah merilis fitur ini untuk iOS dan Android di versi terbaru WhatsApp. Sudah update?