Selama dua tahun terakhir, konsol-konsol jadul dari generasi sebelumnya dimunculkan kembali oleh perusahaan seperti Nintendo dan Sony. Nintendo meluncurkan lagi NES dengan ratusan game yang sudah terinstal di dalamnya, demikian pula dengan Sony yang meluncurkan lagi PS1 versi lebih kecil.

Di event CES 2019, sebuah perusahaan bernama My Arcade meluncurkan sebuah konsol game handheld yang supergede. Tidak ada game yang sudah terpasang secara default di sini, tapi loe butuh cartridge atau kaset game jadul untuk dicolokkan di konsol ini.

Yap, untuk memainkan game-nya loe harus punya cartrdige jadul itu. Yang dulu sebelum dimainkan harus ditiup terlebih dahulu. Cartridge ini dicolok ke bagian atas Retro Champ sehingga tampak menyembul keluar dari atasnya.

Retro Champ punya layar sebesar 7 inci yang cukup untuk memainkan game dengan grafis seadanya itu. Ada tombol-tombol kecil di bagian kiri dan kanan sebagai kontrol saat memainkan konsol ini. Selain itu, konsol ini juga bisa dimainkan dengan stik yang dijual terpisah.

Retro Champ, Konsol Handheld Supergede Buat Main Game Jadul

Kalau mau memainkannya di televisi pun bisa. Colokkan kabel HDMI dan nikmati pengalaman main game jadul di televisi kekinian loe. Walaupun resolusi gambarnya masih terbilang low dan maksimal hanya 480p saja. Itu pun nggak terlalu bagus juga.

Semua cartridge dari Nintendo bisa dimainkan di Retro Champ. Konsol ini dibanderol USD 80 dan akan mulai dikapalkan pada Juni mendatang.