Teknoup.com --- Samsung Display Industri (SDI) belum lama ini telah mengumumkan bahwa perusahaan tersebut akan menghentikan produksi panel plasma untuk televisi pada tanggal 30 November tahun 2014 ini. Penghentian produksi televisi plasma ini diakibatkan oleh menurunnya permintaan akan produk plasma TV. Selanjutnya, perusahaan akan berkonsentrasi pada bisnis energi dan material. Perusahaan juga akan meningkatkan fokus pada televisi UHD maupun televisi layar lengkung.

Sebelum Samsung, perusahaan lain yang sudah menghentikan produksi plasma TV adalah Panasonic. Perusahaan dari Jepang tersebut telah menghentikan produksi TV plasma sejak tahun lalu. Dengan demikian, pasar plasma TV tinggal menyisakan satu pemain lagi yaitu LG.

Plasma TV merupakan produk televisi dengan kualitas gambar terbaik. Namun demikian produksi plasma TV membutuhkan biaya yang besar dan tidak efisien jika ingin memproduksi layar dengan resolusi 4K. Biaya produksi secara keseluruhannya juga kurang efisien jika dibandingkan dengan LED LCD.

Laporan lain yang dilansir Yonhap News Agency juga mengabarkan bahwa LG kemungkinan akan menghentikan produksi panel layar plasma dalam waktu dekat. Menurut rumor ini, LG juga sudah mengubah salah satu unit produksi plasma miliknya untuk memproduksi baterai tenaga matahari.