Samsung, Huawei, atau LG, sudah menyebut diri mereka akan meluncurkan ponsel dengan layar yang bisa dilipat. Namun sudah mau habis 2018 ini belum juga muncul smartphone yang akan menjadi gebrakan itu. Eh, ternyata mereka keduluan oleh perusahaan Royole ini bro.

Royole berbasis di California, Amerika Serikat, meluncurkan sebuah smartphone bernama Flexpai. Ini merupakan smartphone dengan layar yang bisa dilipat dan dikomersilkan pertama di dunia.

Kalau melihat dari bentuknya, Flexpai punya konsep yang mirip buku. Saat dibentangkan, Flexpai akan terlihat seperti tablet berukuran 7,8 inci. Namun jika dilipat maka ukurannya mengecil jadi 4 inci.

Flexpai menggunakan panel AMOLED fleksibel yang diproduksi sendiri oleh mereka. Perangkat ini sudah menjalankan sistem operasi Android 9 Pie dengan interface bernama Water OS yang bisa berubah-ubah ketika dilipat atau dibentangkan.

Flexpai juga ditenagai oleh System-on-Chip Snapdragon 8150 bunya Qualcomm. Belum resmi diluncurkan memang tapi Flexpai sudah menggunakannya. Chip ini dipadu dengan RAM 6GB dan ROM 128GB. Ada juga varian RAM 8GB dan ROM 256GB atau 512GB.

Samsung dan Huawei Lewat! Ini Ponsel Lipat Pertama di Dunia

Selain itu Flexpai juga punya kamera utama 16MP dan kamera sekunder tele-photo 20MP. Dua kamera ini bisa digunakan sebagai kamera belakang dengan melipat layarnya. Saat tidak terlipat akan jadi kamera depan.

Saat ini smartphone ini sudah bisa dipesan di China dengan harga mulai USD 1.290 untuk RAM paling kecil dan USD 1.856 untuk RAM paling besar. Termurah sekitar Rp 19,5 jutaan dan termahal sekitar Rp 28 jutaan.