Teknoup.com --- Samsung kembali disebut-sebut akan menggebrak dunia ponsel pintar dengan teknologi terbarunya, yakni sensor UV (ultraviolet). Sensor ini kabarnya akan disematkan oleh Samsung di phablet Galaxy Note 4 yang akan dirilis dalam waktu dekat dan akan menjadi ponsel pintar pertama yang membawa sensor UV di dalamnya.

Sensor UV ini akan dikombinasikan dengan aplikasi Samsung S Health untuk menilai apakah radiasi UV dari matahari pada saat itu berbahaya untuk kulit. Kemungkinan besar, para wanita yang peduli akan kecantikan kulitnya akan sangat tertarik dengan teknologi ini.

Untuk menghitung nilai radiasi UV, anda harus menghadapkan Galaxy Note 4 ke arah matahari selama beberapa saat. Setelah itu, maka aplikasi S Health akan menampilan level radiasi UV matahari pada saat itu.

Kabarnya, ada 5 level radiasi UV yang akan ditampilkan oleh aplikasi S Health; yakni Low, Moderate, High, Very High dan Extreme. Para pengguna diharapkan untuk berhati-hati jika level radiasi di S Health sudah berada pada level Very High dan Extreme. S Health pun akan menampilkan saran dan peringatan yang sesuai dengan level radiasi pada saat itu.

Anda tertarik?