Loe pasti sering dengar soal bahaya radiasi dari smartphone sejak beberapa tahun terakhir. Radiasi yang disebut-sebut berbahaya buat kesehatan manusia. Walaupun memang belum ada penelitian yang benar-benar bisa membuktikan hal ini, loe tetap harus waspada karena smartphone adalah benda yang selalu digunakan sehari-hari.

Belum lama ini, German Feedal Office for Radiation Protection melakukan sebuah penelitian bro. Mereka ingin mengetahui emisi dari smartphone yang beredar di pasaran saat ini, mana yang punya tingkat radiasi paling tinggi dan mana yang paling rendah? Datanya kemudian disusun oleh Statista.

Dari data ini kita bisa menemukan kalau banyak perangkat Samsung keluar sebagai smartphone dengan radiasi paling rendah. Juaranya adalah Galaxy Note 8 yang punya tingkat penyerapan hanya 0,17 watt per kilogram. Ini diukur saat kita menempatkan ponsel ke telinga tanpa perantara seperti earphone misalnya. Nilai ini juga didapatkan oleh ZTE Axon Elite.

Dari 16 smartphone yang punya emisi radiasi terendah, kebanyakan adalah handphone Samsung. Seperti misalnya S8, S8 Plus, S7 Edge, S9 Plus, J6 Plus, dan J4 Plus. Lalu bagaimana dengan Apple?

Data ini menemukan bahwa Apple malah duduk di barisan smartphone dengan radiasi tinggi. iPhone 7 dan iPhone 8 berturut-turut punya tingkat radiasi 1,38 watt per kilogram dan 1,32 per kilogram. Apple ditemani oleh beberapa ponsel keluaran OnePlus dan Xiaomi.

Sekedar informasi nih bro, besar radiasi yang dikeluarkan smartphone diukur dengan unit SAR (Specific Absorbtion Rate). Batas aman untuk SAR ini adalah 2 watt per kilogram.