Kebanyakan smartphone sekarang bergerak dengan RAM 6GB yang sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari. Kecuali memang ditujukan untuk gaming, biasanya RAM sebuah smartphone akan jadi lebih besar dan bisa mencapai 8GB.

Asus ingin membuat terobosan baru dengan merilis smartphone yang memiliki RAM paling besar yang pernah ada. Perusahaan asal Taiwan itu disebut-sebut bakal meluncurkan ponsel dengan RAM berkapasitas 10 gigabit. Wow!

Roland Quandt, orang yang biasa membocorkan soal gadget pernah menulis di Twitter bahwa Asus memang berniat membenamkan RAM besarnya itu di perangkat terbarunya sekitar 10 bulan lalu. Tapi rencana ini harus gagal karena kendala teknis.

Alasannya, seperti ditulis oleh PhoneArena, modul RAM 10GB itu terlalu gendut untuk bisa masuk ke dalam bodi ponsel. Akhirnya nanti dimensi smartphone itu akan jadi tidak proporsional.

Meski gagal, Asus tidak langsung membuang ide tersebut. Asus justru dikabarkan akan mengembangkan dengan lebih lagi smartphone dengan RAM besarnya ini. Sehingga penggunaannya RAM-nya juga akan jadi lebih maksimal dan tidak mubazir.

Kala itu rencana perilisan smartphone dengan RAM 10 GB itu dihubung-hubungkan dengan ponsel gaming ROG. Namun ketika dirilis, ROG tidak punya RAM sebesar itu. Mungkin nantinya kita bisa berharap akan ada terobosan lagi dari Asus.