PS Vita adalah salah satu game konsol portable milik Sony yang sayangnya, tidak sepopuler PSP. Karena penjualan yang semakin menurun, Sony memutuskan untuk menghentikan produksi dan penjualan PS Vita di Jepang mulai tahun 2019 nanti.

Dalam sebuah artikel yang ditulis situs Polygon, Sony tegas menyatakan bahwa tidak akan ada penerus PS Vita mulai Maret 2019. Produksi akan terus dilakukan sampai Maret 2019 dan setelah itu, tidak akan ada lagi PS Vita model baru. Ataupun upgrade untuk seri terbaru.

Penyetopan produksi dan pengapalan dimulai di wilayah Jepang terlebih dahulu. Tidak dijelaskan apakah produksi di kawasan Eropa dan Amerika juga akan dihentikan. Namun ada kemungkinan akan berhenti karena distribusi kartu game fisik PS Vita sudah berhenti sejak tahun lalu.

PS Vita disebut-sebut tidak mencapai target penjualan dari Sony. Pembuatan game pun sudah berhenti sejak tahun 2015. Makin massive-nya industri game di smartphone disebut-sebut jadi penyebab turunnya penjualan PS Vita.

Tidak ada game yang sukses mencatatkan rekor dari PS Vita tidak seperti PlayStation yang lain semisal PS3 atau PS4. Jadi wajar kalau akhirnya Sony memutuskan untuk berhenti memproduksi konsol ini.

Loe pengguna PS Vita? Sebentar lagi konsol loe akan jadi barang langka bro.