Apple sebelumnya sudah memperkenalkan iPad Air 4 dan iPad 8 tepatnya pada September 2020 lalu. Dikonfirmasi bahwa kedua iPad ini akan diboyong juga ke Indonesia dan dijual oleh retailer resmi Apple di Indonesia.

iPad Air 4 dibanderol lebih mahal dari iPad 8. Begini spesifikasi dari iPad 8 yang resmi masuk Indonesia.

iPad 8 hadir dalam varian warna Gold, Silver, dan Space Grey. Harganya jauh lebih murah dari iPad Air 4 karena spesifikasinya yang jauh lebih rendah. iPad 8 tidak menggunakan chip terbaru dari Apple tapi masih memakai chip A12 Bionic.

Selain itu secara desain iPad 8 juga terbilang lebih "jadul". Hal ini bisa jadi baik buat loe yang lebih suka iPad dengan tombol home sekaligus fingerprint scanner seperti iPad dan iPhone zaman dulu. Tapi mungkin kurang nyaman karena tidak fleksibel.

Salah satu kekurangannya karena masih menggunakan konektor Lightning. Sementara iPad Air 4 sudah menggunakan USB Type C yang lebih universal dan bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat.

iPad 8 punya ukuran layar 10,2 inci dengan bezel yang juga cukup tebal. Kamera depannya beresolusi 1,2MP dan kamera belakangnya 8MP. Selain itu, tidak ada fitur yang mencolok.

Harga iPad 8 di Indonesia adalah sebagai berikut. iPad 8 WiFi 64GB dibanderol mulai Rp 6,299,000 sementara iPad 8 WiFi 128GB dibanderol mulai Rp 7,699,000. Ada perbedaan harga antara kedua retailer resmi Apple ini.