Teknoup.com --- Jejaring sosial Twitter dikabarkan tengah berencana membeli layanan streaming dan berbagi musik online, SoundCloud. Rencana tersebut ditargetkan bisa memperluas bisnis Twitter dari layanan media sosialnya.

Seperti dilaporkan Re/Code, pembelian ini akan menjadi akuisisi terbesar Twitter, jika keduanya mencapai kata sepakat. Twitter akan kembali masuk ke pasar musik setelah sebelumnya gagal dengan layanan 'Twitter Music'.

Twitter Music merupakan sebuah produk aplikasi yang bekerjasama dengan layanan Spotify. Layanan ini gagal menarik minat pengguna dan terpaksa dihentikan pada bulan Maret.

Baik SoundCloud maupun Twitter kini memiliki jumlah pengguna yang hampir sama. Dengan pembelian SoundCloud, Twitter tentu semakin berkesempatan memperluas bisnisnya ke industri musik.

Awal tahun ini, nilai layanan SoundCloud ditaksir mencapai $700 juta, setelah sebelumnya berhasil mendapatkan pendanaan $60 juta dari para investor dan perusahaan yang dipimpin Institutional Venture Partners.

Terkait rumor ini, kedua perusahaan belum mau berkomentar ketika dimintai keterangan.

SoundCloud sering disebut sebagai 'YouTube versi audio' karena setiap pengguna bisa mengunggah dan berbagi musik yang mereka buat. Layanan ini cukup populer oleh para seniman indie yang biasa memproduksi konten mereka di rumah sendiri.