Twitter di Indonesia sekarang ramai lagi. Tapi mungkin bukan itu alasan kenapa Twitter akhirnya merilis versi Lite dari aplikasi micro blogging-nya khusus untuk negara-negara dengan masalah-masalah koneksi internet dan mahal kuota data. Karena memang saat ini aplikasi mobile Android versi Lite sedang digandrungi pengguna di negara-negara berkembang.

Indonesia masuk ke dalam daftar 20 negara yang kebagian Twitter Lite dalam rilis terbarunya. Di antaranya Argentina, Belarus, Jordan, Kenya, Lebanon, Maroko, Nicaragua, Paraguay, Rumania, Turki, Uganda, Ukraina, Uruguay, Yaman dan Zimbabwe. Sejauh ini Twitter Lite sudah bisa digunakan di 46 negara.

Lewat blog Twitter menjelaskan bahwa versi Lite ini punya semua kebaikan aplikasi Twitter yang reguler. Namun tentu saja seperti namanya, ukuran aplikasinya dipangkas dari puluhan megabit menjadi hanya tiga megabit saja. Jadi mengunduhnya pun tidak perlu pikir panjang atau takut kehabisan kuota.

Seperti juga aplikasi Lite yang lain, Twitter Lite punya fitur Data Saver. Segala aktivitas yang berkaitan dengan media seperti gambar dan video bisa dinonaktifkan sehingga tidak menyedot banyak kuota.

Twitter Lite Dirilis di Indonesia

Aplikasi ini juga ramah untuk pengguna yang tinggal di daerah-daerah dengan koneksi lemah seperti 2G atau 3G. Sehingga ketika darurat tidak dapat sinyal LTE, bisa dimanfaatkan banget untuk tetap terhubung ke dunia luar.

Fitur-fitur reguler seperti Thread, Bookmark, push notification, dan Night Mode tetap tersedia di versi Lite. Silakan download di PlayStore untuk loe pengguna Android. Tapi pastikan versi Android loe sudah 5.0 ke atas ya.