Teknoup.com --- Setelah dirilis bulan Oktober 2013 lalu, Windows 8.1 akhirnya memperoleh update yang signifikan. Pengumuman update ini dilakukan di konferensi BUILD seperti pengumuman Windows Phone 8.1.

Menurut Brandon LeBlanc dalam tulisannya di blog Windows, update Windows 8.1 dimaksudkan untuk menyempurnakan interaksi penggunanya, baik melalui sentuhan, keyboard, maupun mouse.

Selain itu update ini juga memberi beberapa perbaikan kepada konsumen bisnis, membuka kesempatan baru bagi para developer, hingga tambahan beberapa fitur untuk memudahkan para vendor dalam menyediakan perangkat yang lebih terjangkau.

Update Windows 8.1 mempermudah akses ke aplikasi favorit dan kontrol kunci, seperti penambahan ikon power dan pencarian di layar Start.

Fitur boot to desktop juga telah disetel sebagai default untuk berbagai jenis perangkat, ditambah kemampuan untuk memasang shortcut aplikasi favorit di taskbar.

Windows Store secara default juga tersedia di taskbar ini. Taksbar bisa diakses menggunakan mouse dari manapun dengan cara menggerakkan mouse ke pinggir bawah layar.

windows

Opsi minimize dan close juga disediakan bagi pengguna mouse yang ingin menutup suatu aplikasi. Menu konteks juga ditampilkan ketika melakukan klik kanan mouse di aplikasi yang ada di layar Start. Di bagian bawah layar Start juga ditampilkan notifikasi tentang aplikasi yang baru saja dipasang.

Internet Explorer 11 juga diperbarui sehingga bisa mendeteksi lingkungan operasi yang digunakan, apakah PC layar besar atau hanya tablet, sehingga tampilan tabulasi, menu, dan font yang dipakai lebih nyaman digunakan baik saat interaksi dengan sentuhan jari maupun mouse.

Pengguna bisnis juga diberi beberapa fitur baru seperti Enterprise Mode Internet Explorer (IMIE). Melalui IMEI, IE11 bisa diemulasikan seperti penggunaan IE8 sehingga aplikasi enterprise lama bisa tetap berjalan tanpa masalah. Fitur-fitur untuk pebisnis lain juga ditambahkan atau diperbarui.

Microsoft juga menurunkan standar syarat hardware yang bisa menjalankan OS Windows 8.1. Para vendor sekarang bisa membuat perangkat dengan RAM 1GB saja dan penyimpan internal 16GB sehingga Windows 8.1 bisa dinikmati dalam rentang perangkat yang lebih beragam.

Microsoft saat ini sudah menyediakan update Windows 8.1 untuk pelanggan MSDN. Sementara itu pengguna bisa akan memperoleh update ini mulai tanggal 8 April mendatang