Aplikasi Telegram memang lagi naik daun. Dulunya bisa menautkan ke WhatsApp. WhatsApp baru-baru ini diketahui telah memblokir tautan yang mengarah ke aplikasi Telegram. Tautan Telegram.me yang dikirimkan ke WhatsApp hanya muncul sebagai pesan dan tidak terdaftar sebagai hyperlink.

Setelah dicoba, tautan itu diketahui juga tidak dapat di-copy ke aplikasi lain. Dilansir The Verge, pemblokiran ini memang tidak dirasakan oleh semua perangkat. Apakah ini persaingan bisnis? Aplikasi berbasis di Rusia ini mengakui bahwa WhatsApp memblokirnya.

Telegram merespon dengan update terbaru, namun, update ini disebut belum merata di semua perangkat yang menggunakan WhatsApp. Hal ini yang diperkirakan jadi penyebab pemblokiran ini tidak hadir di semua perangkat sekaligus.

Soal blokir memblokir ini sudah lumrah di dunia maya. Sebelumnya Facebook mendapat kritikan karena memblokir tautan Pirate Bay di sistem chatting-nya dan di laman News Feed. Tapi ini bukan perang terbuka. Telegram sendiri diketahui enggak terlalu khawatir dengan pemblokiran. Sebab, sampai saat ini juga belum diketahui pemblokiran ini disengaja atau tidak.