LAzone
Gadget

WiGig Siap Gantikan WiFi! Apa Hebatnya?

  • 26 October 2015
  • 423 views

Sistem komunikasi wireless alias nirkabel bakal memasuki babak baru. Kalo kemaren ngetopnya WiFi, sekarang ada WiGig. Hebatnya?

LAZONE.ID -

Sistem komunikasi wireless alias nirkabel bakal memasuki babak baru. Kalo kemaren ngetopnya WiFi, sekarang ada WiGig. Hebatnya?

Menandai era baru di bidang komunikasi nirkabel, setelah WiFi, kini hadir WiGig (Wireless Gigabit Alliance), bro. WiGig bertujuan menghilangkan kebutuhan komunikasi lewat kabel, antar perangkat. Sehingga, loe gak butuh sebuah HDMI kabel lagi, setelah perangkat WiGig aktif.

WiGig diciptakan buat memasilitasi penggunaan sinyal 60 GHz. Kecepatannya bisa sampai 7 Gbits/S dan WiGig bekerja pada peningkatan kinerja jaringan. Sehingga perangkat komunikasi tanpa kabel ini, bisa ngirimin sinyal audio atau video ke perangkat lain dengan cepat.

WiGig udah mempromosikan protokol IEEE 802.11 sejak 2009, lalu merilis versi 1.1 pada bulan Juni, 2011 lalu. Sampai sekarang, WiGig udah masuk dalam aliansi WiFi, tepatnya sejak Maret 2013. Hal itu pun mendorong industri alat telekomunikasi untuk menciptakan perangkat yang dapat mengakomodasi kebutuhan WiFi dan WiGig.

WiGig juga dapat mendukung jaringan WiFi yang ada. Jadi, jaringan 3 band yang ada pada alat komunikasi akan bekerja secara simultan pada frekuensi 2.4 GHz, 5 GHz dan 60 GHz. Hanya saja, dengan frekuensi 60 GHz ini, ada kelemahan saat harus menembus dinding. Maksudnya, proses transfer data antar peranti telekomunikasi agak susah kalo terhalang tembok.

enyiasatinya, frekuensi pun dimaksimalkan lewat cara dipantulkan dari dinding dan langit-langit, sehingga membentuk kekuatan pada perangkat WiGig.

WiGig bisa digunakan buat DisplayPort antarmuka dengan fitur High Bandwidth Digital Content Protection 2.0, menampilkan video pada monitor, HDTV dan lainnya. Dengan koneksi berkecepatan tinggi (multi-gigabit), memungkinkan sistem transfer data secara nirkabel pada dua perangkat komunikasi atau device, tidak mudah terputus.

WiGig juga sudah terintegrasi dengan sistem USB. Targetnya adalah menciptakan komunikasi atau transfer data secara nirkabel antar wireless USB yang dapat mendukung USB 2.0 dan 3.0. Saat ini VESA (Video Electronics Standards Association) udah bermitra dengan aliansi WiGig buat menetapkan spesifikasi secara formal dan sertifikasi program untuk perangkat Wireless DisplayPort berkemampuan multi-gigabit.

Oh ya, konsorsium ini hanya dimiliki oleh Silicon Image dan telah didukung nama-nama besar seperti Broadcom, Toshiba, Intel, LG, Samsung dan lainnya.

tags : Gadget

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...