Sudah pernah dengar soal Wizphone? Kalau belum, enggak apa-apa bro. Soalnya Google juga baru memperkenalkan ponsel ini di Indonesia. Bukan smartphone, Wizphone masuk ke kategori Feature Phone karena kemampuannya terbatas. Tapi karena ini buatan Google, pasti ada yang istimewa dong!

Wizphone yang baru diperkenalkan awal pekan ini dalam sebuah acara yang digelar Google di Jakarta bentuknya seperti ponsel jadul. Dengan keyboard T9 dan layar yang resolusinya biasa-biasa saja. Tapi yang membuatnya istimewa adalah OS besutan Google di dalamnya dan juga dukungan Google Assistant.

Wizphone memang jadi usaha Google untuk memasyarakatkan Google Assistant sehingga semua orang meski tak punya smartphone bisa menggunakannya. Tombol untuk memanggil sang Google Assistant tampak besar di bagian bawah layar Wizphone.

Selain itu, Google juga punya OS bernama KaiOS. OS ini dibuat khusus untuk feature phone seperti Wizphone ini. Lalu bagaimana dengan spesifikasinya?

Karena sudah ada dukungan Google Assistant tentu saja Wizphone sudah didukung oleh koneksi internet. Bahkan internet di ponsel ini sudah 4G LTE jadi nggak perlu khawatir kalau mau memintanya mencarikan berita terkini atau sekedar memutar musik.

Selain itu, Wizphone juga menggunakan chip Qualcomm MSM 8905 dengan RAM 512 MB. Tentu RAM-nya terbatas karena ini bukan smartphone, kan? Memori internal yang disediakan 4GB. Tak ada keterangan apakah Wizphone punya slot memory card atau tidak. Yang pasti baterai 1.800 mAh-nya bisa bertahan sampai 350 jam.

Di depan ada kamera 2MP sementara di belakang disediakan kamera VGA dengan LED flash. Nah, smartphone ini bisa digunakan untuk membuka beberapa aplikasi Google seperti YouTube dan bisa juga digunakan untuk melihat berita di Twitter karena beberapa aplikasi tersebut sudah terpasang secara default.

Rencananya, ketika akan mulai dijual di Indonesia nanti Wizphone akan dibanderol sangat murah. Yaitu hanya Rp 99 ribu saja. Wah wah wah!