Xbox Series S Diklaim Lebih Baik dari PS5

LAZONE.ID - Dari segi kecepatan.


Microsoft sudah resmi mengumumkan Xbox Series S beberapa waktu lalu. Bersama dengan banderol dari konsol terbarunya itu.

Xbox Series S dijual di harga USD 299 atau sekitar Rp 4,4 jutaan. Harga yang kemungkinan akan jauh lebih murah dibandingkan dengan PS5. Belakangan muncul klaim bahwa ternyata dengan harga segitu, Xbox Series S punya performa yang lebih baik dari PS5.

Setidaknya dari sisi kecepatan, Xbox Series S disebut-sebut melebihi PS5. Hal itu kemudian memberikan keunggulan lebih buat Xbox Series S dari sisi harga juga. Karena PS5 versi digital yang termurah dibanderol Rp 5,9 juta.



Perbandingan kecepatan keduanya dilihat dari mesin yang dibawa oleh masing-masing konsol. Ubergizmo menulis, Xbox Series S akan hadir dengan prosesor dengan kecepatan 3,6 Ghz. Sementara PS5 punya prosesor dengan kecepatan 3,5 Ghz.

Sementara dari sisi grafis, Xbox Series S menggunakan GPU AMD RDNA 2 dengan 20 CU dan 1,565 Ghz. Spek ini membuat mendongkrak kemampuan komputasi dari Xbox Series S hingga 4 TFLOPs. Nah di sisi RAM, Microsoft menggunakan RAM 10GB yang mampu menghasilkan output gambar hingga 1440p di 60 fps dan frame rate 120 fps.

Dibandingkan dengan Xbox Series X, ada banyak fitur yang tidak hadir di Xbox Series S. Salah satunya adalah drive CD sehingga semua game harus diunduh secara digital. Kapasitas penyimpanannya juga terbilang minim di 512GB.