Teknologi dari gadget yang lo gunakan sehari-hari makin canggih seiring berjalannya waktu. Gak terkecuali dalam hal teknologi charging.

Beberapa tahun lalu dunia ramai dengan teknologi wireless charging yang diperkenalkan beberapa brand smartphone raksasa. Wireless charging melibatkan body hp yang ditempelkan pada sebuah charging dock tanpa mengharuskan ada kabel yang terhubung dengan hp tersebut.

Teknologi charging konvensional juga terus berkembang hingga berbagai hp dengan kapasitas baterai besar bisa terisi penuh dalam kurun waktu 30-60 menit.

Tapi Xiaomi sedang mengembangkan teknologi super canggih lainnya, yaitu charging menggunakan udara.


Yap, teknologi ini sekarang bukan lagi sebuah konsep. Teknologi yang dinamai ‘Mi Air Charge Technology’ ini sudah masuk ke tahap pengembangan selanjutnya. Power yang bisa dihasilkan oleh charger udara ini sebesar 5 watt.

Meski kedengarannya kecil, artinya charging menggunakan udara ini udah mulai terealisasi.

Teknologi charging tersebut bisa terjadi karena Xiaomi mengklaim bahwa dalam device yang sedang mereka ujicoba ini terdapat sekitar 144 antena yang bisa mendeteksi keberadaan gadget dalam radius beberapa meter. Lalu device Mi Air Charge bakal memancarkan sinyal yang padat untuk bisa mengisi daya baterai dari hp yang ada di dekatnya.


Bayangkan jika teknologi ini sudah dirilis. Sebuah smart home bakal lebih lengkap lagi dengan keberadaannya. Gak cuma Google Nest atau Alexa yang bakal bikin rumah makin canggih, tapi juga charger udara satu ini. Seketika penggunanya memasuki ruangan, proses pengisian baterai langsung dimulai tanpa harus menggunakan kabel sama sekali.