Tenun IKAT alami: Dari Alam Hingga Mendunia

LAZONE.ID - Ada kerajinan alam dari Indonesia yang lagi happening banget nih, guys. Yup, dialah kain tenun ikat khas Flores.

Produk budaya indonesia memang selalu identik dengan bahan alami dari alam. Mungkin, karena pada zaman dahulu, para leluhur paham banget ya sama konsep #Natural1st. Ada kerajinan alam dari Indonesia yang lagi happening banget nih, guys. Yup, dialah kain tenun ikat khas Flores.

Buat kamu yang ngerasa #100PersenMentalAlam, wajib banget tahu tenun ikat yang mendunia ini. Etnic, keren dan indah banget! Tiga kata ini aja rasanya belum cukup untuk mendefinisikan  keistimewaannya. Warisan budaya dari alam ini butuh 20 tahapan yang memerlukan waktu berbulan-bulan dalam proses pembuatannya.

Mau tahu bahan yang digunakan? Kamu bakalan kaget banget karena semua bahan yang digunakan 100 % dari alam dan menggunakan cara tradisional banget. Terbuat dari kapas, para pengrajin harus memisahkan sendiri kapas dari bijinya. Wow!

Pewarna yang digunakan adalah akar mengkudu untuk warna merah, kunyit dan kayu pohon hepang untuk warna kuning, daun nira untuk warna biru dan aneka kulit pohon lainnya untuk memberikan warna yang berbeda.

Kain ikat tenun ini dibuat tidak hanya untuk keperluan fesyen, namun juga memberikan arti tersendiri bagi pemakainya, yakni simbol kekayaan, kekuasaan, dan kehormatan. Wih, dalem banget kan maknanya?

Buat kamu yang ngakunya generasi muda cinta alam, yuk mengenalkan kain ikat tenun ini pada dunia!