Tips Rawat Warna Kain Batik Yang Dibuat Dengan Bahan Alami

LAZONE.ID - Batik yang keren terbuat dari bahan yang #Natural1st. Jadi, cara rawatnya juga harus beda dong dengan pakaian kebanyakan.

Batik dari bahan alami selalu jadi item fashion yang ekslusif bagi siapapun yang memilikinya. Nggak heran, batik yang #Natural1st ini perlu mendapatkan perlakuan yang istimewa, guys. Ini lho caranya biar warna batikmu tetap colorful dan terawat.

Cuci secara manual

Pakaian ekslusif, perawatannya juga nggak biasa dong. Yup, cuci pakai cara manual ya, guys. Kalau pengen pakaianmu awet, jangan males buat cuci pakai tangan. Karena, mencuci menggunakan mesin, bisa merusak serat kain dan warna.

Gunakan pencuci tradisional

Detergen harus dijauhkan dari batik, guys. Pakaiannya aja terbuat dari alam, otomatis bahan yang digunakan untuk mencuci juga harus dari alam. Gunakan sari lerak yang biasa dijual di butik batik. Atau bisa juga menggunakan kulit jeruk dan daun dilem.

Perlakuan yang tepat saat mencuci

Perlakukan saat mencuci nggak boleh sembarangan juga nih, guys. Saat memeras, nggak boleh terlalu kuat karena bisa membuatnya cepat rusak. Yang paling penting adalah tahap menjemur, jangan sampai meletakkannya di bawah sinar matahari langsung, karena warna akan cepat pudar. Cukup angin-anginkan saja di tempat teduh. Repot ya? Namanya juga ekslusif, guys!

Tips di atas juga bakalan memperkuat jiwa #100PersenMentalAlam karena perawatannya yang menggunakan bahan alami dan cara tradisional. Rawat batik ekslusifmu seperti merawat aura cool dalam diri.