Seiring waktu, kendaraan yang digunakan khususnya skuter pasti akan mengalami masalah mulai dari masalah yang tergolong riang hingga berat sampai harus service besar atau bahasa bengkelnya turun mesin. Salah satu masalah yang sering dialami para riders selain habis bensin yaitu kebocoran oli. Nah tahukah kamu, bahwa penyebab kebocoran oli sebenarnya dapat didiagnosa atau diketahui hanya lewat melihat letak kebocoran/rembesan oli tersebut. Berikut titik kebocorannya :
 
  1. Packing Head
Salah satu faktor pendukung penting untuk performa mesin ialah pada bagian ruang pembakaran yaitu head silinder. Di mana oli dan bensin akan dicampur menjadi satu putaran langkah. Sehingga bagian ini terkadang suka mengeluarkan atau rembesan oli. Langkah yang harus kamu lakukan adalah melakukan service ringan, bisa membersihkan lalu mengganti packing lama dengan yang baru.
  1. Seal Roda Belakang

Pernah mengalami rem blong? Ini dia penyebabnya yaitu keluarnya oli mesin dari seal roda bagian belakang, sehingga kampas rem penuh dengan oli. Biasanya rongga pada bagian seal sudah rusak sehingga tidak bisa menahan oli yang ada di dlam mesin ketika sedang berjalan. Harus hati-hati ya skut selalu cek berkala.
  1. Tiang Kopling

Bagian ini paling sering mengalami kebocoran oli mesin yaitu tiang kopling. Fungsinya yang begitu paling sering digunakan menjadi bagian yang rentan dengan kebocoran. Biasanya sih pada sealnya sudah termakan karena gesekan setiap kamu menurunkan dan menaikan gigi presneling.
  1. Leher Knalpot
Suka kesal gak sih padahal baru banget dicuci biar pas riding kinclong, ehh pas baru dipanasin ada yang netes ternyata pas dicek dari leher knalpot. Solusinya sih mudah banget, kamu bisa gunakan packing plat tipis agar oli sisa pembakaran tidak keluar-keluar dari leher knalpot.
  1. Seal Selah

Yang paling menyakitkan ketika bagian satu ini sudah keluar oli. Karena ketika oli mesin sudah keluar dari bagian kick stater/selah kamu harus segera membuka bagian crank bagian kanan, lalu mengganti sealnya dengan yang baru.

Dari 5 bagian mesin yang disebut mana yang paling sering kamu alami? Punya solusi lain gak? Share di postingan ya biar teman-teman skuteris makin tahu. Simak terus instagram scooterland ya biar kamu bisa dapetin info menarik seputar skuter di Indonesia. See You!