Ketemu rame - rame nongkrong tiap weekend atau tiap bulan itu udah jadi agenda banyak komunitas, gak terkecuali para skuteris. Tapi pernah gak berpikir kalo kumpul - kumpul atau biasa kita sebut kopdar itu tujuannya apa? Karena kalo gak dimanfaatkan dengan baik, banyak waktu yang terbuang sia - sia. Kopdar sendiri kan sebenarnya wadah pelepas penat dan bertukar pikiran dengan kawan - kawan. Jadi sayang aja rasanya kalo kopdar cuma sebagai representatif kehadiran…
Nih buat kawan - kawan skuteris, hal - hal yang harus dihindari pas kopdar. Biar kopdar kalian bermanfaat.

1. Asik Main Smartphone

Kalo kumpul tapi cuma sibuk sama smartphone-nya masing - masing yah ngapain ngumpul, mending di rumah aja. Kan tujuan kopdar biar ada obrolan. Kebiasaan kayak gini paling sering terjadi. Yah mau bagaimana lagi, tapi kalo topik obrolannya bagus
dan menarik, pasti bakalan lupa ama smartphone.

Baca Juga: Hal – Hal Yang Bikin Kamu Cairin Investasi Skuter





2. Ghibahin Orang Lain

Bergosip sih boleh aja, tapi kan masih banyak hal entertain yang bisa diobrolin selain ghibahin orang lain terlebih kawan sendiri. Kalian bisa ngomongin kerjaan, hobi, agenda komunitas, dan masih banyak lagi yang lebih bermanfaat buat kalian sendiri.



3. Berbuat Hal - Hal Negatif

Kadang kopdar dimanfaatkan jadi ajang untuk berbuat hal - hal negatif. Gak bisa dipungkiri ini menjadi salah satu kejadian yang paling banyak. Tapi sebenarnya kalo hal - hal tersebut masih bisa dihilangkan dengan kesepakatan bersama sih.



Jadi kopdar itu bakalan jadi percuma dan gak ada manfaatnya, kalo kesadaran kita kurang dan kebiasaan kita yang buruk. Buat kawan - kawan semua, kopdar itu menjaga silahturahmi, dan silahturahmi itu bermanfaat untuk jiwa sosial kita.
Follow @scooterland.id untuk mendapatkan update seputar skuter di Indonesia! Sampai jumpa lagi.