Kendaraan yang Dapat Prioritas!

LAZONE.ID - Kalau ada mereka, harus menepi dulu

Dalam berkendara baik menggunakan sepeda motor ataupun mobil kita harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi. Macet parah, kecelakaan, ataupun segala situasi sangat mungkin untuk bisa terjadi ketika sedang di jalan raya. Salah satu yang sering terjadi ketika kita berkendara adalah bertemu dengan kendaraan yang menggunakan sirine. Karena adapun keadaan yang terjadi sangat membutuhkan waktu serta tindakan yang cepat untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Nah apa saja kendaraan yang dapat prioritas di jalan?
  1. Mobil Ambulan Yang Membawa Orang Sakit

Kendaraan pertama ini menjadi prioritas paling utama dalam pasalnya menyangkut nyawa seseorang, serta sesegera mungkin harus tiba di rumah sakit. Inilah kenapa kita sebagai seorang riders roda dua harus memberikan jalan kepada kendaraan prioritas ini.
  1. Mobil Pemadam Kebakaran
Kalian pasti tahu kan kenapa mobil pemadam kebakaran harus segera tiba di lokasi tujuan, yaps benar karena menyangkut banyak orang. Bentuknya yang besar kadang mobil pemadam kebakaran mengalami kesulitan saat di jalan raya, apalagi kalau keadaan sedang macet. Itulah kenapa menjadi kendaraan yang harus mendapatkan prioritas.
  1. Iring-iringan Mobil Jenazah
Sudah sepatutnya kita memberikan jalan ketika bertemu dengan iringan mobil yang membawa jenazah saat berkendara. Ini adalah bentuk rasa empati kita terhadap orang meninggal, walaupun tidak kenal namun setidaknya kita menghormati dengan memberikan jalan.
  1. Kendaraan Kepolisian Pengejaran Tindakan Kriminal
Biasanya kita hanya melihat kejadian ini di layar tv atau permainan saja, tapi bagaimana kalau kamu mengalami langsung di depan mata. Bayangkan saja tiba-tiba ada motor yang dikejar mobil kepolisian, sontak kamu pasti akan langsung menghindar mencari keselamatan.

Nah jadi itulah beberapa kendaraan prioritas yang bisa kamu pahami dan lakukan ketika bertemu di jalan. Adapun pengguna jalan yang tak memberikan prioritas kepada kendaraan-kendaraan tadi, oleh Pasal 287 ayat 4 diancam hukuman maksimum satu bulan atau denda Rp250.000. Simak terus instagram scooterland.id untuk dapetin info seputar roda dua khususnya skuter.