Manajemen Touring

LAZONE.ID - Planning bikin touring bakal aman dan teratur.

Siapa bilang touring itu cuma asal berangkat atau asal gas? Memang sih tidak ada aturan dalam kegiatan touring namun kamu mau gak touringmu berjalan dengan lancar tanpa hambatan karena penuh persiapan sehingga bisa meminimalisir segala permasalahan yang muncul saat touring.

Di era sekarang ini, touring juga memiliki manajemen tersendiri bahkan sudah mulai terdapat peran tiap orang – orangnya demi kelancaran sebuah touring dan sensasi touring yang memuaskan hasratmu. Lalu apa saja yang harus perlu direncanakan sebelum melaksanakan touring? Berikut ulasannya.
  1. Perencanaan Destinasi dan Rute Perjalanan
Destinasi adalah tujuan akhir para pertouring di mana hal ini harus ditentukan terlebih dulu, mulai dari rute yang dipilih sesuai dengan kapasitas dari para petouring hingga tempat singgah, titik temu, alternative rute, dan sebagainya. Jika ini terpenuhi maka masuk ke tahap selanjutnya.
 
  1. Pembagian Peran Tiap Peserta
Setiap peserta touring memiliki peran dari sebelum, saat perjalanan, hingga saat sampai di tujuan. Tentukan ketua dan road captain untuk memimpin touring ini, lalu pembagian peran mulai dari mengurusi administrasi, penginapan, konsumsi, dokumentasi, tim backup (mekanik) saat ada trouble, dan lainnya. Apabila ada acara di tempat tujuan juga ada divisi khusus yang harus dibentuk demi touring yang menyenangkan.
  1. Perencanaan Budgeting
Dan hal yang paling penting adalah Budgeting. Dibutuhkan satu sesi pertemuan sebelum touring untuk merencanakan budget. Mulai dari spare part cadangan, ongkos transportasi, penginapan, konsumsi, bahan bakar, dan sebagainya. Jika sudah jelas angka untuk budgetingnya kamu bisa memulai mencari sponsor untuk mengurangi budget yang keluar untuk tiap peserta. Di sini lah perlunya seorang Creative Dan Marketing yang mengerti sponsor di era milenial ini.

Touring semakin tahun semakin berkembang, bukan dari skuter dan destinasinya saja, tetapi hal – hal yang malah bisa dijadikan keuntungan yang bisa dipetik bersama. Yang membuat touring semakin menyenangkan dan bikin ketagihan.

Jangan lupa untuk pantau terus @scooterland.id dan dapat info terbaru seputar skuter dan lainnya yang pasti bikin kamu semakin paham dunia roda dua saat ini dan memotivasimu untuk terus berkarya dan jangan bosan untuk berinovasi. See you and Let’s Do it…