Skuter Juga Bisa Demam

LAZONE.ID - Ternyata karena ini penyebabnya

Memiliki kendaraan khususnya skuter apalagi skuter klasiknya pasti banyak masalah pada performa seperti mesin dan juga masalah lain seperti overheat atau panas yang berlebih pada bagian mesin. Overheat sediri merupakan panas pada suhu mesin yang melebihi batas normal yang disebabkan banyak faktor mulai dari sirkulasi udara, tidak cocoknya oli, dll. Otomatis ketika mesin dalam keadaan panas tentu akan mengalami penurunan kinerja mesin yang tidak maksimal, sehingga perlu adanya pengecekan atau lakukan perbaikan agar performa mesin kembali normal. Adapun yang perlu kamu perhatikan ialah :
  1. Telat Ganti Oli

Penyebab pertama pada mesin yang cepat panas ialah kurang teratur mengganti oli mesin skuter. Ini menjadi hal yang perlu dilakukan bagi setiap skuteris, misalkan saja membuat jadwal sebulan 1x sehingga kondisi mesin pada skuter bisa tetap terjaga performanya. Tapi kebanyakan skuteris malah menganggap hal sebelah mata karena kalau skuter belum mati tidak bakal diperbaiki. Justru ketika kamu rajin menggantinya kondisi mesin akan bersih dan kondisi skuter akan selalu fit.
  1. Settingan Bahan Bakar Terlalu Irit

Selain oli, ketika mesin mengalami panas yang berlebihan settingan pada skuter juga menjadi salah satu penyebabnya. Apalagi kamu yang biasa menggunakan skuter pada kondisi harian pasti butuh settingan yang pas biar gak mengalami kendala mesin cepat panas. Biasanya pada settingan karburator yang terlalu pelit bensin, sehingga suplai bahan bakar ke mesin menjadi kurang sehingga mengakibatkan Overheat. Gak hanya bisa buat overheat, mesin juga bisa mati tiba-tiba atau istilahnya ngejim.
 
  1. Ketidak Cocokan Oli Mesin
Setiap mesin memiliki karakter yang berbeda-beda, walaupun bentuk dan bahan bakunya sama. Biasanya seorang skuteris akan membuat komposisi mesin dirubah agar sesuai dengan kerakter yang diinginkan. Misalkan untuk balap, sudah pasti bukan oli yang biasa-biasa saja. Pasti butuh tingkat kekentalan serta daya tahan terhadap kecepatan.
 
  1. Membawa Beban Terlalu Berat

Yang terakhir ini biasanya terjadi pada saat musim touring tiba yang suka membawa barang-barang peribadi berlebihan. Memang pada saat touring kamu perlu mempersiapkan dengan matang, mulai dari kunci-kunci, sparepart cadangan, baju ganti, hingga bensin isi ulang. Tapi bukan berarti kamu harus membawa apa yang ada di dalam kamar ya skuteris. Hehehe

Jadi itulah penyebab skuter jadi mudah demam dan yang perlu kamu ketahui ketika sedang mengendarai kendaraan kesayangan kamu. Semoga kamu bisa selalu aman dan nyaman dalam berkendara. Simak terus Instagram Scooterland.id untuk da