Tips Berkendara Di Kala Musim Hujan

LAZONE.ID - Biar tetap aman, selamat sampai tujuan ketika hujan.

Mungkin bagi kendaraan roda empat menerjang jalan saat hujan tidak ada kendala, namun bagi roda dua khususnya skuter pasti butuh kewaspaan saat mengendarainya karena bisa saja kamu kehilangan kendali karena derasnya hujan. Karena kamu bisa saja mengalami trouble bahkan terjatuh karena hempasan air pada suatu genangan. Selain itu kamu juga harus memperhatikan apa saja yang perlu dibawa dan disiapkan untuk mengantisipasi kendala yang bakal terjadi. Karena hujan bisa turun kapan saja dan entah berapa lama. Apa saja tips nya simak di bawah ini!
  1. Stater Pack

Pastikan perlengkapan seperti jas hujan, sepatu karetl, baju ganti, dan cover bag selalu kamu bawa ketika musim hujan tiba. Usahakan kamu menyimpannya di satu tempat misalkan dijadikan satu dalam sebuah tas, lalu taruh di dalam bagasi skutermu atau bisa diletakan pada rack depan atau belakang. Sehingga ketika di jalan turun hujan kamu bisa dengan mudah mencarinya dan langsung memakainya.
 
  1. Kurangi Kecepatan Berkendara

Mungkin disaat hujan waktu tempuh kamu untuk sampai akan lebih lama karena kecepatan berkendara sedikit berkurang atau pelan. Bukan karena banyak lubang atau polisi tidur karena jalan akan basah dan mudah licin, apalagi skuter diketahui sering mengalami rem yang kurang mengigit ditambah ukuran ban yang sedikit kecil. Untuk itulah kamu yang biasa 80km/ jam sebaiknya kurangi hingga 40-60km/jam demi keselamatan berkendara saat musim hujan.
 
  1. Jaga Keseimbangan
Jika di tengah jalan ada genangan air atau banjir yang sekiranya ketinggian tidak melebihi pijakan kaki  skuter kamu, jangan panik.. Yang harus kamu pastikan adalah bahwa pegangan setang atau handle tidak goyang dan harus kuat untuk menahan tekanan air, saat melintas kamu harus tahan grip gas pada kondisi rpm mesin yang lebih tinggi, jaga jangan sampai mesin mati karena akan terjadi sedikit hambatan kecepatan.
 
  1. Bawa Busi Cadangan

Skuter classic biasanya sering terjadi trouble jangankan hujan, saat musim panas pun skuter 2 tak pasti suka ada aja kendala. Saat musim hujan, selain 3 tips di atas kamu juga harus menyediakan suku cadang salah satunya busi cadangan. Biasanya saat musim hujan, pengapian akan mudah dingin, dan busi jadi cepat mengalami kerusakan karena bisa saja terkena air saat menerobos banjir.

Jadi itulah tips berkendara skuter di saat musim hujan, semoga bermanfaat untuk kamu yang sehari-harinya selalu menggunakan skuter baik untuk bekerja, kuliah, usaha dan sebagainya. Simak terus Scooterland.id nya karena kita bakal selalu kasih tips seputar dunia skuter menarik lainnya. Yang belum follow jangan lupa follow instagram kita di @scooterland.id. See you!