Yang Dilarang Buat Skuter Matic

LAZONE.ID - Apa aja tuh?

Para pengguna skuter khususnya matic kini makin ramai di dunia otomotif, apalagi pihak piaggio selalu mengeluarkan skuter dengan berbagai jenis serta tampilan yang makin menarik. Seperti baru-baru ini yaitu Primavera Sean Wothersoon. Etss bukan itu yang akan kita bahas tapi mengenai para skuteris yang punya kebiasaan buruk saat mengendarai skuternya. Langsung saja yuk apa si kebiasaanya yang perlu kamu ketahui, simak di bawah yahh.

  1. Asal Mengganti Knalpot Racing
Ngomongin soal skuter matic ada yang harus skuteris ketahui tentang satu hal ini yaitu Knalpot. Biasanya para skuteris bakal menggantinya dari knalpot standart ke racing. Entah karena ikut-ikutan trend, atau buat kebut-kebutan di jalan. Tapi yang harus diingat para skuteris matic, jangan langsung menggantinya dengan knalpot racing yang gak sesuai dengan spek mesin-mu. Yang ada suaranya malah “mberrrrr” , itu dikarenakan komposisi knalpot racing yang sudah diatur sedemikian rupa agar bisa menambah tenaga saat motor berkecepatan tinggi, namun dengan sistem mesin yang sebelumnya sudah diupgrade. Jadi baiknya kamu konsultasi dulu deh jangan asal ganti sendiri.
  1. Tarik Gas Terlalu Dalam
Naik skuter matic itu emang enak tinggal tahan tuas rem, pencet stater lalu gas deh. Tapi kadang ada banyak yang salah mengoperasikan skuter matic contohnya ketika bertemu jalan yang menanjak terlalu dalam menarik gas. Padahal cara yang tepat adalah membuka gas secara urut alias bertahap. Jangan manghantamnya langsung dengan bukaan tinggi, alhasil bukannya cepat naik justru memperlambat pergerakan mesin. Alon-alon asal kelakon!
  1. Membawa Barang Banyak Di Dek
Ini sangat berbahaya, karena motor bisa kehilangan keseimbangan apalagi ketika kamu berada kecapatan tinggi dan tiba-tiba ada yang berhenti di depan. Selain itu mengganggu performa kendaraan, dan berisiko membuat dek motor menjadi cepat rusak akibat beban dari bawaan yang terlalu banyak.
  1. Tarik Gas Bersamaan Dengan Rem
Kerap kali ketika berada di kemacetan skuteris kadang suka melakukan hal yang tanpa disadari bisa membuat skuter bisa rusak. Menekan tuas rem namun genggaman gas tidak diturunkan, sehingga gas tetap terbuka bensin pun ikut terkuras menjadi terbuang sia-sia. Bukan cuma itu saja, hal tersebut tentunya menjadikan kampas kopling menjadi cepat habis berputar terus ketika gas ditarik.

Itulah beberapa larangan yang bisa kamu hindari pada skuter matic kesayangan mu saat mengendarainya di jalan. Apa ada yang sering kamu lakukan tapi kamu sadari setelah baca artikel ini? Hayoo ngaku siapa! Simak terus Instagram kita ya untuk dapetin info menarik seputar roda, mulai dari gaya berkendara, passion, serta lainnya. See You!