Eka Gustiwana : MTL Pembuka Untuk Talenta-Talenta Yang Ketutup Selama Ini

LAZONE.ID - Kali ini MTL mendapat bagian wawancara dengan salah satu Musisi yang bersinar melalui karya-karya kreatifnya, yaitu Eka Gustiwana.

Kali ini MTL mendapat bagian wawancara dengan salah satu Musisi yang bersinar melalui karya-karya kreatifnya, yaitu EKA GUSTIWANA yang terkenal dengan Speech Composing nya melalui Youtube, masih hangat di ingatan kita tentang hebohnya Youtube "Demi Tuhan" Arya Wiguna yang dibuat oleh Eka, serta banyak lagi yang lainnya. Penasaran kan, bagaimana sudut pandangnya (Eka) mengamati ajang MEET THE LABELS? Let's Cekidot bro !

MEET THE LABES (M): "Sejauh ini berapa album yang sudah di buat?"
EKA (E): "Kalau gue, awal karir sebenarnya bukan bikin album ataupun band, tapi gue ada di belakang layar seperti pernah memproduseri albumnya Nikita Willy single perdananya yang berjudul 'Ku Tetap Menanti' (2010) dan dipake untuk soundtrack sinetron juga. Setelah itu, gue produksi single kedua Nikita Willy 'Lebih Dari Indah' (2011). Single kedua ini cukup dapat respon dari masyarakat, RBT nya mencapai 10 juta download lebih dan jadi soundtrack sinetron juga.

M: "Bagaimana dan kapan awal karir di industri musik ini?"
E: "Sejak banyak memenangkan lomba-lomba dengan tema jingle maker. Sampai sekarang gue jadi profesional jingle maker. Jadi gue semakin yakin lagi kalo memang bidang gue di produksi. Karna gue ga bisa nyanyi, jadi gue fokuskan untuk produksi di musik aja. Seiring berjalannya waktu gue juga sempat jadi composer & arranger album pertamanya Maudy Ayunda dan gue aktif bikin jingle ke prusahaan-perusahaan. Pokoknya segala hal yang berhubungan dengan musik."

M: "Katanya sempat heboh di youtube?"
E: "Tahun 2013 gue sempet bikin heboh dengan bikin speech composing. Composing itu mengubah pembicaraan orang-orang dari yang ga bisa nyanyi jadi bisa nyanyi. Seperti berita rekaman Arya Wiguna "Demi Tuhan" yang sempat heboh di Youtube itu, dimana sampe sekarang sudah 4,5jutaan viewer. Akhirnya gue bikin RBTnya. Dari situ gue baru sadar bahwa ternyata ada satu design dalam musik Indonesia yang belum diambil dan akhirnya gue ambil. Jadi ternyata gue menemukan dagang musik yang ga harus secara konvensional dengan konsep yang lain. Berlanjut gue bikin Speech Composing Jeremi Tetti serta artis-artis lainnya sampai gue dikontrak untuk bikinin Pak Jokowi di acara APEC dan orang-orang suka. Dari situlah youtube gue berkembang menjadi nomor dua terbesar di Indonesia dengan subcriber 36.000an dan viewernya sekitar 30jutaan dan dari situ juga banyak yang kontak gue.  Sekarang, gue sedang memproduseri penyanyi baru bernama Nadia jebolan ajang Mama Mia dengan single "Jantung Berdebar"."

M: "Penghargaan atau award yang pernah di terima?"
E: "Awards itu biasanya gue dapat dari perusahaan-perusahaan seperti pernah dapat dari PT KAI, Pemenang Jingle Dufan, gue pernah dapat penghargaan dari ACILA RCTI serta penghargaan Viral Video Award - Internet Video Star."

M: "Menurut Eka Meet The Labels itu bagaimana?"
E: "Menurut gue, Indonesia itu banyak talent-talent yang bagus tapi tidak semua bisa terekspos. Pada akhirnya kita ga bisa lihat orang-orang yang keren. Acara-acara seperti Meet The Labels ini bagus banget, karna gue sendiripun lahir dari berbagai kompetisi. Jadi dari kompetisi itu talenta-talenta yang tertutup bisa keliatan. MTL ini ajang untuk musisi-musisi yang bagus, jadi yang ga bagus lu ga menang."

M: "Apa ada tips buat peserta Meet The Labels 2015 nanti?"
E: "Pertama, lagu yang disuguhkan adalah lagu yang bagus, produk yang bagus ga usah menggembar-gemborkan dengan mention orang-orang melalui sosial media, yang mana pada akhirnya karya lu di anggap mengganggu bagi orang, karena lagu yang bagus pada akhirnya nanti dilihat oleh pihak Label atau Produser dan muncul dengan sendirinya."

Demikian lebih kurang bincang-bincang MTL dengan EKA, jangan kelewat dengan tips-tips ampuh untuk persiapkan karyanya di MEET THE LABELS 2015 !