Inilah Pesan SID Saat Konser Tolak Reklamasi, Svara Bumi

LAZONE.ID - Emang nggak banyak penyanyi yang mau menyuarakan protes maupun penolakan terhadap sesuatu. Namun nggak begitu dengan SID.

Emang nggak banyak penyanyi yang mau menyuarakan protes maupun penolakan terhadap sesuatu. Namun nggak begitu dengan SID. Melakukan konser yang bertajuk Svara Bumi, Band punk rock Bali ini mengajak pendengar untuk sama-sama menolak proyek reklamasi Bali.

Seperti yang udah diketahui, Teluk Benoa, Bali, rencananya bakal direklamasi untuk dijadikan daratan seluas kurang lebih 838ha. Namun reklamasi ini punya banyak dampak buruk, misalnya merusak daerah konservasi hingga kerugian untuk warga setempat.

Maka dari itulah kemudian banyak sekali protes yang dilakukan, salah satunya adalah konser Svara Bumi ini. Selain SID, tampil pula beberapa penyanyi terkenal misalnya Kill The Dj, Navicula, Cinta Ramlan dan Melanie Subono. Masing-masing mereka membawakan lagu andalan dan nggak lupa menyampaikan pesan.

Ketika giliran tampil, SID sempat memberikan pesan yang intinya adalah jangan sampai Bali jatuh ke orang-orang rakus negeri ini. Bobby dkk emang getol banget menyuarakan penolakan reklamasi Bali. Terhitung udah beberapa kali band beranggotakan tiga orang ini melakukan kegiatan dengan tujuan yang sama.

Kejutan sempat terjadi pada konser yang digelar di Rolling Stone Café ini. Secara tiba-tiba, muncul Iwan Fals lengkap dengan gitarnya menuju ke atas panggung. Padahal nama Iwan Fals nggak ada dalam list performer yang udah dibuat. Kedatangan pelantun Bongkar tersebut sontak membuat acara makin meriah. Nggak ketinggalan, Iwan pun menyuarakan pesan yang isinya adalah untuk selalu menjaga lingkungan.