Kiper adalah satu-satunya yang berhak menggunakan kedua tangan mereka dalam bermain bola di atas lapangan. Tugasnya menjaga gawang dari kebobolan emang bikin kiper harus berjibaku berusaha sekeras mungkin sebagai benteng terakhir. Bisa dibilang emang menggunakan tangan selama permainan adalah hak spesial yang dimiliki oleh seorang kiper.

Tapi, tentu aja hak spesial itu juga dibatasi oleh aturan-aturan lainnya supaya tidak disalahgunakan dan pertandingan tetap berjalan secara adil. Salah satunya adalah mengganjar mereka yang kedapatan menggunakan tangan di luar area kotak penalti dengan pelanggaran keras. Bahkan pelanggaran aturan handball tersebut bisa berakibat kartu merah langsung buat sang kiper.

Nih Bro, beberapa kiper top yang pernah melakukan pelanggaran aturan handball dan mendapat kartu merah.

Alisson Becker

Kejadian satu ini terjadi sebelum liga terhenti karena pandemi nih Bro. Alisson Becker emang mencuri perhatian beberapa tahun belakangan ini karena performa luar biasanya bersama AS Roma dan Liverpool. Terutama musim lalu ketika dirinya berhasil ikut mengantar Liverpool jadi juara Liga Champions 2018/2019. Namun bukan berarti dirinya lepas dari kesalahan-kesalahan di atas lapangan. Alisson melakukan blunder fatal saat bertandang ke markas Brighton. Kiper Brasil tersebut sebenarnya berniat memotong bola tapi terlanjur mengangkat tangannya. Akhirnya bola tersebut menyentuh tangannya dan Alisson pun mendapat kartu merah langsung. Ajaibnya Liverpool yang cuma bermain dengan 10 orang pada pertandingan tersebut tetap keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.

Claudio Bravo

Entah karena grogi atau apa, tapi Claudio Bravo juga pernah melakukan kesalahan serupa ketika menghadapi mantan timnya di Liga Champions pada tahun 2016 lalu. Manchester City berkesempatan menghadapi Barcelona di lanjutan UCL musim tersebut. Claudio Bravo saat itu berhadapan dengan Suarez setelah menerima backpass. Melihat Bravo yang gagal membuang bola ketika di luar kotak penalti, bikin Suarez berniat langsung menendang bola tersebut ke arah gawang. Pada momen tersebut Bravo secara terang-terangan mengangkat tangan untuk menghalau bola walaupun berada di luar kotak penalti. Sesaat setelah mendarat di atas kedua kakinya, tampak raut penyesalan di wajah Bravo. Dirinya pun langsung diganjar kartu merah pada saat itu juga.

Adrian

Sebelum pergi ke Liverpool untuk jadi pelapis Alisson Becker, Adrian juga pernah melakukan kesalahan menangkap bola di luar area bermainnya. Saat itu West Ham sedang tandang ke markas dari Southampton. Adrian berniat membuang bola namun bola yang akan ditendangnya mengenai salah satu pemain Southampton. Bola yang bergulir ke luar kotak penalti pun dikejar olehnya dan Adrian langsung melompat untuk menangkap bola tersebut. Tapi sayangnya saat Adrian melompat, bola tersebut udah ada di luar kotak penalti.

Oliver Kahnbanner-ads

Kalau kejadian kiper handball satu ini unik banget, Bro. Saat musim 2000/2001, Bayern Munchen harus menghadapi tim Energie Cottbus. Pada pertandingan tersebut, saat menit akhir Kahn ikut maju ke kotak penalti lawan untuk membuka kesempatan mencetak gol. Benar aja dirinya mencetak “gol”. Tapi gol tersebut menggunakan tangannya. Tentu aja Wasit langsung memberikan kartu merah pada kiper legendaris Jerman tersebut. Ada-ada aja Bro, mungkin Kahn merasa lagi di kotak penaltinya sendiri saat itu.